20130430

FAQ regarding INHA SUMMER SCHOOL [UPDATED]

so, many mails received on my inbox, thank you for your trust on me guys,

it's just mostly the question are similar or even the same, so I am going to collect those questions and answer those questions here, since ain't got many times to answer it one by one..sorry v_v

and also I am sorry if I answered not as fast as you guys hope and rely on me
so here it is:

FREQUENTLY ASKED QUESTION

Acceptance

Q: Apa kita bakal keterima kalo udah bayar?

A: YES YOU ARE! ini sih berdasar observasi aja ya peserta summer school dari tahun 2011 ke 2012 itu meningkat drastis dan tetap diakomodir, insyaAllah sama untuk setiap tahunnya... ngga usah khawatir sih kalau sudah lunas bayar ^^

Payment

Q: Bagaimana prosedur pembayarannya? Lewat bank apa saja?

A:  masalah bank, NGGA HARUS DI HANA BANK ya, aku dulu kebetulan di bank BNI, dan rasanya tiap bank ada kebijakannya sendiri, jadi langsung aja mau ke bank mana, terus nanya-nanya aja, mereka akomodir apa ngga, buat TRANSFER KE LUAR NEGERI *harusnya semua bisa ya*

ngga perlu bawa USD, cukup siapin uang IDR sesuai jumlahnya, nanti pihak bank yang akan convert sesuai kurs yang ada, 
tapi ya perlu diingat, biasanya kurs bank lebih mahal ya, jadi itu pilihan kalian aja sih ;)


Q: Gimana caranya tau kalo INHA sudah terima payment kita?

A: Seperti yang sudah di state di web INHA, setiap transaksi yang sudah selesai di lakukan, akan di konfirm melalui file excel yang akan diperbarui setiap saat (waktunya ngga tentu tergantung INHAnya, jadi sabar aja ya)

Q: Gimana sih format pembayaran yang harus dilakukan? Kan katanya harus menyertakan nomer pendaftaran???

A : Jadi gini, misalnya:
      Jumlah yang harus dibayar : Rp 5.000.000
      nomer pendaftaran kamu : 697

      berarti yang harus di transfer : Rp 5.000.697

Pick Up Service

Q: Gimana sih prosedur jemputnya?

A: Okay, jadi gini, mereka bakal jemput kalian di bandara, biasanya dalam sehari akan ada beberapa aliran shuttle *dari dorm ke bandara* , maka dari itu, kasih info sejelas-jelasnya kapan kalian nyampe, nanti pihak INHA yang akan menyesuaikan kok, 
tapi kalo misal kalian nyampe duluan *lebih dulu dari jadwal jemputnya INHA* lebih baik, dimanapun kalian berada sebisa mungkin balik ke bandara aja pada hari pick up itu

misalnya berdasar pengalaman nih, aku nyampe 3 hari lebih awal, dan itu aku stay di Seoul, jadi daripada ribet pada hari penjemputan, aku balik ke bandara buat ikutan pick up service shuttlenya INHA, karena kita pasti bakal awam, mau naik subway juga kan bawaan pasti banyak kan, secara kita bakal sebulan disana ;)

dan udah pada tahu kan taxi dari INHA ke bandara harganya sekitar IDR 400.000,00 (kurs 2012)



Dorm

Q: Gimana ya penetapan kamar di dormnya? pilih sendiri atau...

A:  ditentuin sama INHA, urutannya berdasar Universitas - Negara - Agama *yang terakhir mungkin buat menghormati yang puasa ^^*

Cuaca

Q: summer disana gimana panas nggak?

A: ini berdasar pengalaman ya
jadi nya gini : akhir Juli, cuacanya cenderung sejuk, berangin, enak banget deh
awal Agustus : ini biasanya Panas bangeeet, panas dan kering gitu be prepare lah
pertengahan agustus  : mulai hujan, hujan disana itu gede-gede dan deres banget jadi orang suka pake rainboots ngga heran

kebetulan aku udah pulang sih akhir Agustus, tapi setahuku semakin akhir musim panas suka ada badai di Korea, tapi ngga usah khawatir kok ;)

Akses

Q: gimana akses INHA kalo mau kemana-mana? ribet ngga?

A: dicatet dulu, Incheon - Seoul itu satu jam itu ditempuh dengan naik bis terus ke stasiun, sudah gitu dari stasiun ke Seoul, masalah rute tenang aja nanti kalian dapet buku panduan kok.
Kebetulan di back gatenya INHA itu pas banget sama tempat halte bus, jangan khawatir, di depan dorm juga ada halte :D

Q: bisa jalan-jalan ngga disela kuliah?

A: nah ini pinter-pinternya manfaatin waktu, kebetulan aku HAMPIR SETIAP KELAS PASTI JALAN-JALAN, dan itu mostly ke Seoul haha, tapi di Incheon juga banyak tempat seru kok

Transkrip

Q: Perlu transkrip ngga? gimana itu?

A: YES! transcrip is necessary, kalo misalnya universitas kita ngga partneran sama INHA, 
langkahnya ya minta aja ke akademik, 
tapi lebih gampangnya, ngopi dari cybercampus *atau apapun kampus kalian menyebutnya* dan di bahasa Inggrisin sendiri, soalnya toh punyaku dulu juga ngga di cek pake verifikasi dari dekan atau ngga hehe, dan tetep bisa ikut kaan ;;)

Korean Class 

Q: Korean Classnya gimana ya?

A: jujur aja sih, ya . yang Basic itu Basic banget kayak yang mulai belajar baca tulis dan susun kata, terus yang intermediate *kabarnya yang ambil itu susah juga*, jadi agak susah ya, 

nah tapi bukannya, ada test ya dari INHA untuk penempatan kelas?

Ibadah

Q:  yang Muslim sholatnya gimana?

A: sejujurnya masalah sholat kembali ke pribadi dan mahzab yang di anut ya, kalo aku sih *ini udah konsul ke dosen juga*, "Selama kita ngga ada niatan untuk menetap disana, maka sholat dengan dijamak itu di perbolehkan" ini jamak out of 3hari ketentuan itu lo ya

tapi ya kan kita tingal di dorm, masa ngga sempet sih mau sholat, jadwal sholat sih tinggal browsing aja, beres ;) kalo perlu bawa kompas buat nentuin arah kiblat

Q: errr, summer school waktu puasa ya, gimana dong?

A: ingatlah, kan dimanapun kita berada, tujuan hidup adalah ibadah, semuanya pilihan dan datang dari diri, kalo kamu membuatnya berat ya berat, tp meeen, hidup itu ada akhirnya loh, tapi itu semua pilihan kan, mau puasa ya terserah mau ngga juga terserah itu urusan sama yang diatas ^^ ~ just fyi, kadang cuaca emang kering banget, eh tapi karena aku tinggal di Surabaya, jadi ya kayaknya sama aja deh, panas-kerontang... JUST REMEMBER HIM WHO ALWAYS KEEPS HIS EYES ON YOU

TOEFL

Q: Nilai Toefl perlu ngga sih?
A: Hmmm, setau saya ya, nilai toefl itu cuma kayak disertain aja, tapi bukan kayak yang syarat, kamu bakal diterima apa nggak, yang penting sih, kamu bisa komunikasi apa ngga disana, HEY! ini international environment, masa mau pake bahasa Indonesia, sayang dong, ngga nambah international friend, lumayan kan kalo ada rejeki kemana-mana, ada temen di negara lain xD

KEMAMPUAN BAHASA KOREA

Q: Jadi, harus bisa bahasa Korea ya kalo mau ikut program ini
A: Jawabnya TIDAK! Mungkin beberapa dari kalian punya ketertarikan ke K-POP atau K-Drama, dan itu bikin kalian ngerti laaah dikit-dikit bahasa Korea rasanya itu udah cukup, karena lingkungan sekolah nanti pake bahasa Inggris, bahasa Korea akan sangat perlu kalau kalian mau interaksi sama penduduk lokal, buat emmm cari jodoh mungkin...


Cuci Baju

Q: Disana ada laundry gitu ngga sih?
A: Ada laah~ tenang aja, semua dorm di kampus-kampus disana ada sih kayaknya, biasanya sekali cuci bayar 100-200won (tambah kalo dikeringin 500won) detergen bawa sendiri, jadi mungkin bisa patungan tuh sama temen-temen beli detergen ;)

ada ruang seterikaan juga, GRATIS!

Connectivity

Q: Bawa laptop perlu ngga sih?
A: hmmm, pilihan aja yah, kalo saya dulu sih ngga bawa dan agak tersiksa, ada ruang komputer sih, biar dikata koneksi internet KorSel paling cepet sedunia, tapi, komputer di dorm agak lelet gitu (jadi agak males buat bikin tugas), jadi mending bawa laptop sendiri, JANGANG LUPA BAWA KABEL LAN! biar bisa nge-net di kamar ^^
 

P.S : disarankan ngga pake blackberry sih :D

Asuransi Kesehatan 

Q: Asuransi, penting ngga sih?
A: hmmm, sebenernya pihak INHA mewajibkan para peserta Summer School untuk punya asuransi, tapiii aku-nya bandel (apa cenderung pelit lol) jadi ngga bikin hehe, Alhamdulillah sehat dan ngga kenapa-napa, jadiii itu pilihan kalian ;)

so if there are more questions just send it to : kecapasinsri@gmail.com, aku akan senantiasa mengupdate page ini, tapi maaf ya kalo dirasa ada pertanyaan dengan jawaban yang sama ngga akan aku jawab hehe...


12 comments:

  1. wah seru bangettt ya pastinya

    ReplyDelete
  2. Haloooo.. maaf nih nanya lagi,, kalo masalah invitation letter dari inha buat pengurusan visa itu, tahun lalu di invitation letternya dicantumin data pribadi kita lengkap gak kayak alamat dsb? Atau cuma nama aja ? :)

    ReplyDelete
  3. hallo, maaf mau tanya, dulu kamu ngambil course electivenya apa aja?
    kira kira kalo udah bisa hangeul, menurut kamu lebih baik ikut basic atau intermediate? *buat saran aku aja ^^
    terimakasih..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ambil Intro to Korean Economics and Business
      tapi denger2 tahun 2013 aja udah beda 'kurikulum' nya eheehe

      hmm, setauku yang basic itu basiiiic banget, yang intermediate susah gitu, jadi ngga ada yang tengah2

      tbh nanti ada tesnya kok itu Korean class nya

      Delete
    2. wah gitu ya ^^
      iya aku bingung, kalo ngambil basic takutnya basic banget..
      wah kalo ada testnya berarti bisa aja awalnya ambil basic /intermediate dulu kali ya?
      trimakasih atas infonya^^

      Delete
  4. haloo kak aku mau nanya2 nih kemaren aku kirim email ke kecapasinsri@gmail.com, aktif kan kak? ditunggu ya balesannya makasiiih :D

    ReplyDelete
  5. kak aku mau nanya disitu bidang studynya ada apa aja ...??
    ditunggu balesannya ,,
    Gomawoyo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ekonomi, food science, culture, politik, itu sih seinget saya

      soalnya dari tahun 2012 ke 2013 aja ada perubahan, aku ngga tau mungkin taun ini beda lagi^^

      Delete
  6. Halooo, aku bingung nih milih course nya kayak seru semua. Kira2 ada masukkan nggak milih course nya? (+ info tingkat kesulitan coursenya hehe) gomawo!

    ReplyDelete
  7. kalo kita udah bayar nih untuk summer course, udah transfer, nanti perlu confirmation lagi ga, kayak kalo abis transfer olshop gitu? caranya gimana ya ka? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong perlu di update^^
      konfirmasi ke Inha


      nanti biar namamu biar masuk di list 'sudah membayar'

      Delete
  8. kak kalau mau ke seoul dari inha bawa suitcase gede gitu bisa naik subway ga kak? subway beda ga sih kak sama kereta? atau harus naik bus? rencananya beres summer program mau stay dulu di seoul beberapa hari sebelum balik indo. tp bingung transportasinya kak :''

    ReplyDelete

I love to share and hear feedbacks, please put some comment *even it's just one letter* ^^ // satu komentar sangat berarti, meskipun cuma satu huruf ^^