20150905

(29/08/'15) TEDxTugu Pahlawan : TEDxUS 'Born This Way'

Tanggal 29 Agustus yang lalu TEDx Tugu Pahlawan kembali menggelar event salon, setelah sempat vakum selama 2bulan. Menariknya untuk salon kali ini pembicaranya dari tim internal TEDx Tugu Pahlawan sendiri sehingga disebut dengan 'TEDx US', event TEDx US sendiri bukan pertama kalinya digelar, namun yang berbeda tahun ini TEDx US terbuka untuk umum.
Pada tahun ini salon TEDxUS mengambil sub tema 'Born This Way', sebuah kata yang cukup menggambarkan intisari dari cerita yang akan dibagi oleh para pembicara kepada para TEDster. 

1. Jonathan Chanutomo - Born with Passion to Art 


Jojo sapaan akrab Jonathan, memulai presentasinya dengan menunjukkan evolusi gambar yang ia buat sejak masih di sekolah dasar yang menunjukkan bahwa ketertarikannya pada dunia menggambar sudah ada sejak ia masih di usia dini. Menurut Jojo bakat itu tidak begitu penting, yang lebih penting adalah passion atau gairah yang dibarengi dengan persistence atau ketekunan. Jojo pun sudah membuktikkan sendiri bahwa passion yang besar terhadap dunia menggambar, ditambah ketekunan dalam melatih kemampuannya membuatnya menjadi dirinya yang saat ini.

Sebagai lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual dari Universitas Ciputra Surabaya Jojo tidak hanya menjadi seorang seniman, namun Jojo menyebut dirinya sebagai 'artpreneur' seorang seniman yang juga menjadi pebisnis. Jalan ini ia pilih demi terus dapat melakukan apa yang ia suka tanpa harus dibebani oleh masalah memenuhi kebutuhan sehari-hari dan melakukan hal-hal yang menjadi kegemarannya seperti traveling, masuk dalam grup teater, mempelajari filsafat dan berpesta.

Dalam presentasinya Jojo menekankan bahwa menjadi seorang 'artpreneur' berarti menjadi seorang seniman yang juga bertanggung jawab, dan tidak selamanya harus mengedepankan idealisme dalam berkarya. sesekali juga harus mendengarkan kemauan dari klien. Selain itu Jojo juga mengatakan bahwa seorang individu harus mengenali kelemahan dan kelebihannya, karena kelebihan itu lah yang harus terus diasah agar bisa menjadi unit selling point atau nilai jual seseorang dan mejadikannya individu yang unik dan tidak ada duanya.


2. Doni Rubiagatra - Born with Passion to Mathematics


Bagi sebagian orang (termasuk bagi saya sendiri) mendengar kata matematika bisa jadi adalah sebuah momok, bahkan tak jarang ada yang berkata, 'makanan apa itu?'. Namun bagi Doni 'mathematics is life', mahasiswa semester akhir jurusan Matematika di Institut Tekonologi Sepuluh November Surabaya menyebut dirinya sebagai mathematics enthusiast. Saat ini Doni dan beberapa rekannya sedang mengembangkan sebuah situs bernama Science for Indonesia, sebuah situs yang didedikasian untuk Indonesia khususnya bagi para pelajar bahwa ilmu sains itu menyenangkan dan secara tidak disadari perlu untuk diterapkan dalam sehari-hari. Doni mencontohkan, apabila kita memotong sebuah kue yang lembut dan dimasukkan ke dalam kulkas lambat laun tekstur kue tersebut akan berubah menjadi keras, namun ternyata dengan teknik memotong yang sedemikian rupa tekstur kue tersebut akan tetap lembut meski dimasukkan ke dalam kulkas, bagaimana caranya?, 'makannya nanti di cek jawabannya di website science for Indonesia' jawab Doni.

Dalam presentasinya Doni yang mendalami bidang kriptografi atau sebuah bidang yang mendalami ilmu mengenai kode-kode, membahas mengenai 'Intentional Randomness'. Secara matematis random berarti sesuatu yang tidak berpola. Dalam hal ini Doni mengangkat cerita dari beberapa konglomerat dunia mengenai kisah dibalik kesuksesannya seperti Bill Gates, Jack Ma, Steve Jobs dan Mark Zuckenberg. Setelah di amati beberapa tokoh tersebut memiliki pola yang sama dalam hidupnya, mereka adalah orang-orang yang memiliki passion besar di bidangnya masing-masing, beberapa dari mereka pernah drop out di bangku kuliah dan beberapa dari mereka juga sempat mempelajari bidang yang jauh berbeda dari apa yang mereka pelajari, apakah itu suatu kebetulan / random? ternyata tidak. Sebagaiman randomness dalam ilmu kriptografi yang ternyata 'diatur', begitu pula hidup ini segala hal yang kita anggap random seperti memilih apa yang kita pelajari atau bertemu dengan orang tertentu pada kesempatan yang tak terduga sudah ada yang mengatur diatas sana. Untuk menjadi pribadi yang sukses harus dilandasi dengan kebiasaan atau habit yang positif yang mengantarkan seseorang untuk mencapai goalnya, dan Tuhan akan mengatur sebuah kejadian yang kita anggap random, yang ternyata mengarahkan kita untuk mencapai kesuksesan.

3. Sesilia Wenas - Born With a Big Body and Beauty


Sesil sapaan dari akrab Sesilia Wenas, menyebut dirinya sebagai 'a big story teller' menurutnya ia selalu punya banyak cerita untuk dibagi kepada siapapun dan ia memiliki ukuran tubuh yang besar sehingga ia menyematkan kata big. Sesil membuka presentasinya dengan sebuah video mengenai definisi kata cantik, dalam video tersebut definisi cantik bisa berbeda-beda tergantung lingkungannya. Begitupun bagi Sesil, ia berusaha mematahkan stereotype masyarakat yang menganggap cantik itu adalah gambaran untuk wanita yang berbadan langsing dan memiliki rambut panjang. 

Dari pengalaman pribadinya Sesil pernah melalui masa-masa 'sulit' mengenai pandangan orang-orang mengenai berat badannya, dari sana pun ia telah mencoba berbagai cara untuk bisa menurunkan berat badannya mulai dari pantang makan, mengonsumsi obat/suplemen tertentu dan lain sebagainya. Sampai akhirnya hal itu berhasil menurunkan berat badannya namun alih-alih kepuasan yang didapat ia malah jatuh sakit yang tentunya malah merugikan dirinya. Sesil pun menyadari bahwa dia memang terlahir seperti itu, dengan ukuran tubuh yang sedikit ekstra. Saat ini Sesil yang terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Hubungan Internasional, Universitas Airlangga Surabaya menerima kelebihan pada dirinya tersebut. Sesil juga memiliki berbagai kegiatan seperti menjadi penyanyi di berbagai acara, menjadi MC dan menjadi anggota dari TEDx Tugu Pahlawan yang terus menebarkan ide-ide untuk perubahan ke arah yang lebih baik, semua ia lalui dengan rasa percaya diri dan tinggi. Sesil berharap semua audience yang hadir mampu menerima keadaan diri mereka dan terus berkontribusi positif untuk lingkukan. Salah satu panutannya adalah aktris Mellisa Mc Carthy yang telah mendapat berbagai macam penghargaan akan aktingnya dan memiliki ukuran tubuh yang ekstra.


'Terima kasih kepada semua TEDster yang telah hadir'
photos credit to Irfan for TEDx Tugu Pahlawan

Husniyah.S for TEDx Tugu Pahlawan
'Embrace yourself, accept who you are and find your own color!'

No comments:

Post a Comment

I love to share and hear feedbacks, please put some comment *even it's just one letter* ^^ // satu komentar sangat berarti, meskipun cuma satu huruf ^^