20160506

TEDxTuguPahlawan 'Outliers' [21 Mei 2016]

Perubahan adalah suatu hal yang mutlak dan pasti terjadi dalam kehidupan seorang manusia, contohnya bentuk fisik. Umumnya orang Indonesia rata-rata lahir dengan panjang 48-51cm dan terus tumbuh hingga dewasa dengan rata-rata tinggi badan 158cm untuk pria dan 147cm untuk wanita. Bentuk fisik tersebut tidak mutlak sama bagi semua orang, tentunya ada faktor gizi, pola hidup, bentuk morfologis bawaan lahir dan lain sebagainya yang mempengaruhi pertumbuhan dan perubahan fisik seseorang. Namun bukan tidak mungkin perubahan fisik dambaan adalah sesuatu yang bisa diusahakan, contohnya dengan rajin melakukan olahraga renang dan rajin mengonsumsi suplemen tertentu seorang anak dapat tumbuh lebih cepat dari teman sebayanya.
Analogi singkat diatas tentunya tidak bisa menggambarkan aneka ragam perubahan dalam kehidupan seorang manusia, namun dari analogi diatas kita dapat sama-sama mengambil sebuah kesimpulan bahwa:
1. Perubahan pasti terjadi dalam kehidupan manusia
2. Perubahan bukan tidak selalu berarti menjadi lebih baik
3. Untuk itu manusia perlu sebuah usaha tertentu untuk menjadikan perubahan, menjadikan hidupnya lebih baik.
  
***
Untuk mengupayakan perubahan ke arah yang baik sesungguhnya bukan sesuatu yang sulit, pada dasarnya sebagai manusia kita hanya perlu berada pada suatu lingkungan yang kondusif, serta banyak-banyak berinteraksi dengan individu-individu yang telah atau juga sedang berupaya untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Perubahan adalah sebuah kata yang pas untuk menggambarkan TEDxTuguPahlawan. Dengan semangat 'People with Ideas Will Change The Future' TEDxTuguPahlawan terus berupaya untuk mengumpulkan individu-individu 'istimewa' yang telah atau sedang berproses untuk melakukan perubahan positif bagi lingkungan di sekitranya. Melalui acara-acara rutin yakni salon, yakni sebuah mini seminar dengan 3 pembicara tiap bulannya. Dan conference yang diadakan satu kali tiap tahunnya, TEDxTuguPahlawan terus berupaya menebar semangat perubahan positif khususnya bagi warga kota Surabaya.

TEDxTuguPahlawan sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba yang berdiri sejak tahun 2012, dan telah mendapat linsensi dari TED pusat di California, Amerika Serikat. Sejak tahun 2012 TEDxTuguPahlawan telah mengumpulkan individu-individu istimewa seperti dr. Gamal Albinsaid (Penggagas asuransi sampah), Akhyari Hananto (Founder Good News from Indonesia), Inban A. Caldwel (HAND Project), dan lain sebagainya dalam acara konferensi yang dihadiri ratusan peserta.

Tahun ini TEDxTuguPahlawan pun kembali akan mengadakan konferensi tahunannya yang akan digelar tanggal 21 Mei 2016 bertempat di Auditorium Universitas Ciputra Surabaya. Dengan menyusung tema 'Outliers' TEDxTuguPahlawan akan menghadirkan 10 pembicara inspiratif yang telah memiliki jam terbang tinggi di bidangnya, sehingga tak hanya sekedar menjadi 'pemberi motivasi' namun masing-masing pembicara akan berbagi mengenai suka duka mereka selama berkecimpung di bidangnya masing-masing.

Tema Outliers sendiri diadopsi dari istilah yang digunakan oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya 'Outliers: The Story of Success'. Dalam bukunya Gladwell berulang kali menyebutkan '10,000 Hour-Rule', yakni seseorang yang telah ahli dalam suatu bidang tertentu adalah mereka yang menghabiskan 10,000 jam dalam hidupnya untuk berlatih dan menjadi 'sempurna' dibidangnya. TEDxTuguPahlawan pun mengkurasi 10 pembicara terpilih yang dianggap sangat cocok menyandang sebutan The Outliers, kesepuluh pembicara tersebut adalah:


1. Johan Isii - Instruktur Escolla Zungu Capoeira Surabaya
2. Amelia Sidik - Brand Desinger
3. Isa Anshori - Motivator Pendidikan
4. Is Yuniarto dan John Reinhart - Komikus
5. Kemuning - Chinese Orchestra
6. Rizal Rakhmat - Traveler dan Hitchhiker 
7. Winston dan William Utomo - Founder IDNTimes
8. Nasar Albatati - Musik Puisi
9. Samuel Respati - Composer dan Music Director
10. Reggy Hasibuan - Stand Up Comedian berbahasa Inggris pertama di Indonesia.

Para pembicara tersebut mempunyai beragam kisah menarik di masing-masing bidangnya, salah satunya ada Rizal Rakhmat yang pernah bertualang di benua Asia bahkan pernah sampai ke benua Amerika dengan modal jempol saja atau biasa disebut hitchicker, atau Is Yuniarto dan John Reinhart yang karyanya telah menembus pasar komik di Jepang, serta duo bersaudara William dan Winston Utomo yang rela meninggalkan pekerjaannya di Google untuk membuat salah satu portal berita mereka sendiri di Indonesia. Masih banyak lagi cerita menarik dari sepuluh pembicara yang tidak bisa diceritakan dalam artikel ini, untuk itu pastikan kehadiran kalian di konferensi TEDxTuguPahlawan 'Outliers: People Who Think Differently'! Segera klik TEDxTuguPahlawan.org dan pesan tiket kalian sekarang juga!



Temukan TEDxTuguPahlawan di Sosial Media kalian!
Twitter @TEDxTgPahlawan

Facebook Fanpage : TEDxTuguPahlawan
LINE@ : @TEDxTuguPahlawan   

No comments:

Post a Comment

I love to share and hear feedbacks, please put some comment *even it's just one letter* ^^ // satu komentar sangat berarti, meskipun cuma satu huruf ^^