20151116

Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung: 'Si Cantik yang Jual Mahal'

 Pemandangan 'utama' khas pantai Kedung Tumpang

Pertama kali melihat foto pantai Kedung Tumpang sekitar bulan Agustus lalu saya langsung 'jatuh cinta' dan ingin melihat sendiri keindangan pantai tersebut. Sampai akhirnya, Alhamdulillah *yey!* saya berkesempatan untuk mengunjungi pantai Kedung Tumpang pada akhir pekan 2minggu yang lalu. Pantai Kedung Tumpang terletak di kecamatan Pucanglaban, butuh sekitar 4 jam dari Surabaya untuk mencapai Tulungagung dan ditambah 2 jam lagi untuk mencapai kecamatan Pucanglaban.
*lama perjalanan realtif ya, tergantung kendaraan dan arus lalu lintas.

 Kira-kira beginilah medan yang harus ditempuh, perlu naik turun bukit bahkan ngga jarang kita harus berpegangan pada tali supaya tidak jatuh.
P.S: asli candid, LOL

 Penampakan pantai mulai kelihatan.

Sebelum merencanakan perjalanan ke pantai Kedung Tumpang, saya sudah bertanya ke seorang teman yang pernah berkunjung kesana, menurut dia untuk mencapai pantai dengan pemandangan 'fantastis' tersebut butuh perjuangan karena jalurnya harus naik turun bukit, dan benarlah... *setidaknya saya sudah siap mental :')*.


Harus diakui kalau pantai Kedung Tumpang ini kurang 'fotogenik' agak susah menggambarkannya dengan kamera awam dan skill awam, seperti saya dan ponsel saya :"). Tapi percayalah Kedung Tumpang akan memberi pengalaman baru yang luarrrr biasa, mulai dari medan yang harus ditempuh, pemandangannya, termasuk ombaknya yang membuat saya takjub sekaligus ngeri. 


 Spot dengan ombak 'paling mengerikan'.

 Secara umum pantai ini dipenuhi oleh batu-batu besar.

P.S : saya ngga bisa pilih foto mana yang akan saya sematkan di postingan ini, jadi mohon maaf kalau saya unggah banyak foto - TERLALU BAGUS TEMPATNYA TT_TT


 Spot utama bagi yang mau menantang nyali, silahkan nyemplung bagi yang berani - tidak sampai 5 meter di depan ombaknya seperti itu (foto atas). Saya sih hampir nyemplung tapi dihalangai sama teman-teman haha.


mandatory selfie xD

 Terima kasih teman-teman backpacker Jawa Timur xD

Kuliner Tulungagung : Sego Iwak Kali

Jika berkunjung ke suatu daerah mungkin memang sebaiknya sekalian mencoba makanan khas disana ya, nah kemarin kebetulan ada seorang 'penduduk sekitar' yang ikut dalam rombongan kami jadi infonya membantu sekali. Kami diajak ke 'warung' Sego Iwak Kali - FREE WIFI - dengan menu makanan iwak (atau lauk pauk) dengan bumbu lodho khas Tulungagung (cmiiw, mungkin lodho juga makanan khas daerah lain). Karena keasyikan makan *hum jadi inget rasa masakannya jadi ngiler* saya ngga sempat ambil foto :D.


MASIH ADA FOTO DAN TIPS! JANGAN BERHENTI SCROLLING




 Waspada ombak! Nggak main-main, karena Kedung Tumpang termasuk pantai laut selatan ombaknya luarrr biasa.



  Pantai Kedung Tumpang berhubungan langsung dengan Pantai Molang, hmmm saya dan rombongan belum sempat eksplor sih...mungkin harus kembali lagi.


   TIPS TIME!
- Karena medannya yang cukup rumit, sebaiknya berangkat dari pagi agar bisa puas eksplor pemandangan disana yang super priceless.
- Gunakan pakaian yang nyaman! Hmmm...tapi dari pengalaman saya kemarin banyak pengunjung dengan pakaian yang 'kekinian', tapi bayangkan medan naik turun bukit yang sangat menguras keringat...pikir lagi (1)
- Gunakan alas kaki yang nyaman dan kuat, saya sih bela-belain beli sandal gunung xD, ada sih pengunjung yang mengenakan flat shoes... tapi ya pikir lagi (2)
- Bagi yang mandi (nyemplung ke air) rasanya tidak perlu bawa baju ganti dan perlengkapan mandi ke lokasi pantai...percuma tidak ada kamar mandi dan...rasanya ketika sampai diatas pun harus mandi lagi. 
- Bawa air segarrr, tapi ada beberapa warung kok di lokasi pantai
- Pakai sunblock berlapis-lapis jika tidak mau warna kulit bertambah gelap.
- Bagi yang ke Kedung Tumpang dengan mengendarai mobil, siapkan uang sebesar Rp 20,000 untuk naik ojek bolak-balik.
- Dengar-dengar ada air terjun di lokasi pantai Kedung Tumpang, tapi saat itu saya dengar airnya sedang tidak banyak (mungkin karena kemarau) - jadi saya juga tidak menengok xD.
- Saya menghimbau buat yang mau mengunjungi Kedung Tumpang untuk waspada sama ombak disana, bukan apa-apa tau sendiri kan pantai selatan seperti apa, apalagi Kedung Tumpang ini pantai karang, sekali terseret ombak ya...wassalam

- YANG PALING PENTING : JANGAN BUAT SAMPAH SEMBARANGAN !!!

Secara keseluruhan pantai Kedung Tumpang adalah pantai yang terdiri dari karang dan batu sehingga dapat memberi pengalaman baru, setidaknya bagi saya. Pantai ini masih relatif baru 'ditemukan', menurut tukang ojek setempat obyek wisata ini baru ramai sekitar pertengahan tahun ini. Dengan ramainya pengunjung secara tidak langsung dapat membantu perekonomian masyarakat, seperti dengan jasa ojek, warung makanan dan persewaan kamar mandi. Ironisnya, dengan ramainya pengunjung obyek wisata pun umumnya jadi kotor..jadi bagi yang berencana kesana, mari kita jaga kebersihan disana, apa susahnya membuang bekas makanan/minuman yang kita bawa...tidak susah kan membawa kantong plastik untuk sampah.

Ibarat anak gadis, pantai Kedung Tumpang ini ibarat anak gadis yang cantik dan agak jual mahal...Masya Allah

ENJOY KEDUNG TUMPANG and KEEP IT CLEAN!

No comments:

Post a Comment

I love to share and hear feedbacks, please put some comment *even it's just one letter* ^^ // satu komentar sangat berarti, meskipun cuma satu huruf ^^